Monday, March 16, 2020

POETRY FILM or FILM POETRY or POETRY in FILM



Dari sekian banyak material yang bisa dijadikan film, puisi termasuk salah satunya. pada proses adaptasi puisi menjadi film, sering terjadi kerancuan istilah atau bahkan tabrakan definisi, antara film puisi atau puisi dalam film poetry film/ poems poetry.


Film Puisi
Film Puisi merupakan salah satu sub-genre dari film seperti halnya, film dokumenter, film cerita, film televisi. Film puisi adalah subgenre film yang memadukan penggunaan puisi kata yang diucapkan, gambar visual, dan suara untuk membuat presentasi dan interpretasi yang lebih kuat dari makna yang disampaikan. Penggabungan citra dan kata yang diucapkan ini (independen dan saling bergantung) menciptakan apa yang oleh William Wees disebut sebagai genre "Film-Puisi". Dia menyarankan bahwa "sejumlah pembuat film dan video avant-garde telah menciptakan sintesis puisi dan film yang menghasilkan asosiasi, konotasi, dan metafora, baik verbal maupun teks visual tidak akan menghasilkan sendiri".

Puisi dapat menjadi inspirasi besar untuk film. Berikut adalah beberapa contoh pendekatan berbeda untuk membuat film puisi. Mereka menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan musik dan gambar untuk memperluas makna sebuah puisi; menghubungkan kinerja, tarian, suara dan pengeditan; dan menggunakan tipografi. Ada juga 'puisi film' tanpa kata yang menggunakan gambar untuk menjelajahi suasana hati.

jadi sebenarnya, Film Puisi adalah film yang dibuat dengan mengikuti gaya membuat puisi atau membuat film menggunakan unsur intrinsik puisi. Sementara, puisi film adalah puisi yang dibuat atau diperluas maknanya dengan menggunakan media audio-visual.

Puisi dalam Film

Puisi dalam Film, inilah yang kemudian paling banyak dilakukan. Menempelkan puisi pada film bukan memfilmkan puisi. Apakah ini salah? Tentu saja tidak. Selama mematuhi aturan-aturan main yang ada, seperti pembelian atau pembayaran hak penggunaan karya, baik secara penuh, lisensi atau bentuk kerjasama.


Dua link saya barikan di atas bisa dijadikan acuan sementara untuk pembahasan ini.
Ini semua masih belum begitu jelas dan masih jadi perdebatan.
Yang mau mau berdebat silahkan. Tapi saya tidak melayani debat.

No comments: