Thursday, March 5, 2020

Disiplin Kepenulisanan

Berjuang belajar menulis ternyata bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dilakukan, mulai dari mempelajari tata bahasa yang benar, memperkaya kosakata, membaca berbagaimacam buku sebagai lumbung data dan pengetahuan, dan masih banyak lagi. Selain itu, hal yang tidak mudah lainnya adalah kosistensi menulis.


Benar memang, suatu waktu kita atau siapapun yang menulis akan dihinggapi kemandekan dan kekosongan ide. Namun, hanya yang memiliki disiplin dan konsistensi dalam latihan menulis yang mampu menyelesaikan masalah seperti itu. Jika kita terbiasa berlatih menulis setiap hari, maka ketika dihadapkan pada kemandekan ide, kita sudah tahu jalan keluar dan menyelesaikannya.

Pada tulisan ini, saya tidak akan berbagi bagaimana cara menghadapi kemandekan ide, karena itu adalah sesuatu yang sangat privasi, unik, aneh, yang setiap orang akan berbeda-beda cara menghadapinya. Tulisan inipun adalah bagian dari cara saya menghadapi kemandekan. menulis apa saja dan tak peduli isinya apa.

Tapi tunggu tunggu dulu....

Saya menulis ini, selain membongkar kemandekan pada diri sendiri, saya ingin mengajak para pembaca yang senang menulis untuk melakukan disiplin kepenulisanan dalam rangka menjaga konsistensi dan melawan kemandekan. hahaha...judulnya kayak tema Irema yak...kwkwkwk


  • Setiap hari harus menulis di waktu yang sama
  • Sediakan waktu minimal 1 jam dalam sehari untuk menulis
  • Tidak penting apa yang kita tulis, yang penting adalah kita menulis setiap hari di waktu yang sama
  • Jaga konsistensi ini sampai kapanpun
  • Jalankan tips 1, 2, 3, dan 4 sampai entah
Begitulah kira-kira....yuk tetap menulis...

No comments: