Tuesday, April 28, 2020

Kok Ada Bagong di Jakarta?



Ini Sungguh keterlaluan, saya beberapa hari ini tidak menulis, untunglah ada cerpen kiriman dari seorang teman, Harun namanya, penjual buku, pembaca yang baik, mahasiswa, dan menulis novel. Sudah dua Novel ia tulis.

selamat membaca cerpennya --- jangan lupa ngopi dan selalu jaga kesehatan.

Kok Ada Bagong di Jakarta?
Cerpen oleh : Harun Maulana

Dua hari menjelang ujian. Parman dikejutkan dengan keadaan ayahnya yang mulai memburuk. Ayahnya dipulangkan dari rumah sakit karena banyak prediksi yang mengatakan bahwa Ayah Parman tidak akan selamat. Ibunya pun mengusulkan kalau lebih baik dia dirawat di rumah saja.


Parman yang dikenal sebagai anak yang malas pun hanya sedikit cemas melihat keadaan itu. Terakhir Parman mengingat saat Ayahnya masih sehat bahwa Parman minta dibelikan sebuah gawai yang canggih seperti teman-temannya. Ayahnya membanting tulang tak karuan hanya untuk memenuhi keinginan anak satu-satunya itu. Ayahnya sebagai penjual gas elpiji berkeliling dengan gerobak yang dipenuhi dengan gas-gas untuk dijual di komplek DPR yang ada di jalan Permata Hijau. Kadang juga Ayah Parman bekerja serabutan menjadi apa saja demi untuk kebutuhan hidup keluarganya. Komplek DPR adalah satu-satunya komplek yang dikelilingi oleh perkampungan warga dari kalangan rendah. Komplek DPR sering juga menjadi tempat berkeliling para pedagang lainnya, di sanalah Ayah Parman sering mangkal sehabis berkeliling.

            “Bang, Soleh harga HP yang mirip sama punya anak Bang Soleh itu harganya berapa sih?” tanya Miran

            “Lumayan Mir, kemaren aye beli masing sejuta dua ratus. Lu mau beliin buat Parman?” jawab Soleh.

            “Iya. Anak saya minta HP kaya temen-temennya”

            “Lu beliin aja yang bekas. Palingan cuma tujuh ratusan di Roxy”

            “Iya nanti deh kalau duitnya udah ada” jawab Miran lesu.

            “Ah, elu mah gue kira udah ada duitnye, ha ha ha…”

            “Ya… belom ada, he he he”

Saat mereka asik mengobrol, Bu Latipah datang dengan dua gelas kopi untuk mereka berdua.

            “Nih kopinya. Monggo diminum, mumpung masih hangat. Oiya, Mas Miran tadi si Jupri sekitar jam sebelasan ke sini nanyain Mas Miran. Saya bilang aja belum dateng tapi nanti bentar lagi juga paling ke sini.” Kata Bu Latipah

            “Ada apa ya? Tumbenan si Jupri nanyain saya…” tanya Miran bingung.

            “Wuah… gue yakin tuh anak mau ngasih lu proyek, Mir. Biasanya gitu tuh dia. Seniman banyak proyek” kata Soleh.

            “Seriusan Bang Soleh? Wuah mudah-mudahan beneran ya, lumayan buat nambahin beli handphone buat si Parman” Miran berharap kalau Jupri beneran ingin memberikan proyek.

Mereka melanjutkan obrolan mereka di siang hari itu. di komplek DPR anginnya semilir, banyak pohon rindang yang sering dijadikan tempat istirahat di bawahnya oleh para supir taxi. Komplek DPR tidak sepanas perkampungannya. Di perkampungannya lebih terik lagi karena jarang ada pohon-pohon. Semua penuh kontrakan. Berbeda dengan komplek tersebut yang dipenuhi pepohonan yang diurus oleh pasukan hijau yang bekerja pada sektor tata kota. Sesekali iringan pengamen ondel-ondel membuat riuh pemandangan di sini tapi sering juga diusir oleh sekuriti komplek kalau kelihatan.

“Bener-bener udeh degradasi budaye” celetuk Bang Soleh sambil menyeruput kopinya

“Sekate-kate lu kalo ngomong…” Jupri datang sambil mengejutkan Bang Soleh dan Miran yang lagi asik ngobrol berduaan.

“Wueeeeeshhh… ini dia nih orangnya Mir. Pucuk dicinta ulam pun tiba” kata Bang Soleh

“Kagak usah ngomongin budaye deh elu, Leh. Lu pikirin ye kalo enggak ada tuh pengamen ondel-ondel, bocah-bocah mane ade yang ngerti sama budaye ondel-ondel ini, Leh!” Jupri melanjutkan omongan Soleh yang dianggap ngelantur.

“Jadi lu setuju, budaye kita jadi buat cari nafkah dan dibiarin liar kayak gitu? Kayak gak ada yang ngerawat?” timpal Soleh.

“Aye sih setuju aje Bang Soleh. Sekarang gini aje deh. Lu liat tuh anak-anak kampus yang matanya sipit-sipit di depan sono? Bukannye gue rasis yeh, tapi mereka sebagai orang luar dari kampung kite juga kudu diperkenalkan same budaye kite, kudu tau budaye lokal leluhur kite. Terus bocah-bocah sekarang yang dinina-boboin sama handphone, ape mereka ngarti sejarah tuh ondel-ondel? Dengan adanya pengamen ondel-ondel kan nanti mereka bertanya-tanya, apa itu ondel-ondel, sejarahnya bagimane, ye kagak? Dan lu tau? Gara-gara komentar elu Leh justru itu yang bikin ketimpangan sosial. Gak sejalan sama tujuan kearifan lokal juge. Masih inget lu sama slogan Enjoy Jakarte? Orang-orang disuruh dateng ke Jakarte dimanjain lewat iklan, setelah datang mereka cuma numpang cari penghidupan, pendidikan, bahkan menguasai sebagian sektor ekonomi kite, tapi nih ye giliran orang Jakarte asli yang cari penghidupan lewat ngamen ondel-ondel malah dianggap meresahkan”

“Sudah-sudah… ini malah jadi ribut begini. Bang Jupri, katanya tadi nyari saya? Ada apa toh?” sahut Miran mencoba melerai.

“Nah iya, dari pada ribut sama elu Leh, gak kelar-kelar urusannya… huuuuuh” Jupri nyinyiri Soleh. “Jadi gini Mir, gue denger-denger elu kan dulu pernah jadi anggota pemain Ketoprak? Kira-kira nih ye, kalo elu gue ajak maen drama betawi same rombongan gue pas acara ulang tahun Jakarte nanti, mau lu? Nanti bakal disaksiin sama Bupati dan Gubernur juga katanye” tawar Jupri

“Yang bener, Bang Jupri? Duh tapi gimana ya. Sayakan bukan orang betawi? Lagi juga sebetulnya udah lama saya nggak main ketoprakan lagi semenjak lahir Si Parman.” Jawab Miran lemas.
“Ye elu, Mir. Lu kan nyari duit di Jakarte nih ye, di dalam drama nanti kan ada tuh budaye-budaye betawi, jadi udeh kewajiban kite juge buat menjaga budaye. Jangan cuma makan-berak di sini, sesekalilah perduli sama budaye bangsa kite, gak perduli itu suku ape. Kita ini Indonesia jangan amnesia. Soal peran mah gampang bisa diatur, pan masih beberapa bulan lagi tuh pementasannye, nah elu ikut latian aja dulu sama kite-kite” bujuk Jupri.
“Kok, Bang Jupri sinis gitu sih? Yaudah biar aku pikirin dulu ya” kata Miran

Sampai di rumah Miran memikirkan perkataan Jupri. Dia terbayang lagi akan kenangan masa lalunya saat menjadi pemain ketoprak yang tersohor, namanya dieluh-eluhkan oleh banyak orang karena kepandaiannya bermain peran. Dan dipuji juga karena kepandaiannya dalam membuat naskah oleh teman-teman kelompoknya dulu. Tapi ada satu yang membuatnya gundah. Sebagai mantan seniman dia justru kembali merasa dilema karena mengingat masalalunya itu. Dulu dia selalu pulang malam tapi tidak pernah membawa uang untuk mencukupi kebutuhannya. Itulah alasannya dia berhenti untuk bermain ketoprak, dia merasa bahwa seniman tidak bakal dipelihara sama pemerintah. Tetapi setelah bujuk rayu Jupri jiwa senimannya berbunga kembali.

            “Gimana, Pak jualan hari ini?” tanya istrinya membawakan teh.

            “Ya alhamdulillah Bu, banyak yang hutang.. he he he”

            “Dihutangin kok bangga sih Pak… Pak.” Sahut istrinya

            “Loh masa negara aja yang boleh hutang, rakyat juga boleh ngutang toh Bu apalagi ini buat keperluan dapur, kasihan kalo gak dikasih toh, Bu. Ndak bisa makan keluarga mereka”

            “Yauwis, Pak. sekarepmu wae. Jangan lupa habis mandi bantuin Ibu bungkusin rempeyek untuk dijual yo, Pak”

Ke esokan paginya Parman tidak mau bersekolah karena Parman malu selalu diejek oleh teman-temannya karena belum juga dibelikan handphone. Teman-temannya selalu mendapat nilai bagus karena bantuan mesin pencari di hanphone itu. “Makanya beli hanpdhone supaya bisa nyontek di gugel kalau kamu gak ngerti” itulah ucapan teman-temannya yang diingat Parman. Bapak dan Ibu Parman hanya bisa memperingatkan Parman untuk sabar.

Sampailah pada waktunya. Miran mendatangi sanggar di gedung kelurahan. Para pemain juga banyak yang sudah siap untuk berlatih di sana. Ada gairah baru dalam hidup Miran karena bakat lamanya muncul lagi dalam bermain peran. Hal itu pun tercermin dari kelompoknya. Para teman-temannya senang dengan kehadiran Miran yang ternyata pandai dalam mengolah karsa. Dia pun sering diminta untuk menambahkan bagian-bagian dari adegan pertunjukan yang akan dimainkannya agar lebih meriah. Lalu dia diminta untuk memberi judul dalam pementasan itu.

            “Bagaimana kalau kita beri judul dalam lenong ini Kok Ada Bagong di Jakarta?” usul Miran pada teman-temannya. Sejenak teman sekelompoknya saling berpandangan.

            “Maksudmu bagaimana, Mir?” tanya Mamat kelompoknya

            “Begini, aku kan tidak dapat menghilangkan logat Jawaku ini. Aku juga tidak bisa berbahasa Betawi dengan fasih, bagaimana kalau aku menawarkan peran baru dalam pertunjukan ini? Yaitu aku menjadi Bagong. Ya Bagong seperti dipementasan wayang? Tapi aku berjanji tidak akan merusak unsur-unsur betawi itu sendiri di dalam pementasan nanti. Aku hanya menyisipkan bagian mana aku masuk. Lagi juga kita tau di Jakarta ini banyak para transmigran, terutama dari Jawa, ya kan? Mungkin di kepala para transmigran sama seperti isi kepalaku dulu tentang Jakarta yang dapat merubah nasibnya menjadi lebih baik. Bermimpi-mimpi bisa kaya kalau cari uang di Jakarta tetapi mereka lupa atau tidak mengenali sama sekali budaya-budaya Jakarta yang unik dan luar biasa itu, mereka tak mengenali tuan rumahnya sendiri. Anggap saja ini sebagai kritik pada diriku sendiri. Bukan maksud saya untuk mengatakan orang Jawa tidak perduli terhadap budaya Jakarta. Tetapi mungkin mereka juga perlu mengenal lewat pesan yang berada dalam pementasan dengan judul Kok Ada Bagong di Jakarta? Lagi juga aku hanya ingin dalam berkesenian itu tidak ada batasan antara Jawa atau Betawi, atau Batak, Atau lain-lain. Kita Indonesia yang kaya akan perpaduan. Bagaimana?”

Akhirnya dengan alasan itu teman-temannya menyetujui idenya Miran. Semua kembali latihan dengan sungguh-sugguh. Naskah di ketik ulang menurut ide baru dari Miran semua tokoh disiapkan sesuai bagian-bagiannya masing-masing. Jupri sebagai ketua rombongan semakin giat mengingatkan rombongannya untuk berlatih dengan serius.

            Beberapa hari saat ingin tampil pun diadakan latihan lebih intens. Namun kali ini berbeda dari sebelumnya. Miran tidak datang. Akhirnya mereka berlatih tanpa Miran. Tetapi bagian yang seharusnya diisi oleh Miran menjadi kosong. Setelah itu Jupri baru tau kalau Miran sedang sakit keras. Jupri mendapat kabar dari Soleh. Katanya Miran sedang di rawat di Rumah Sakit Tarakan. Soleh juga tidak tau apa sakitnya. Akhirnya Jupri dan Soleh mengunjungi Miran di rumah sakit itu. Baru setelah mengunjungi Miran mereka tau kalau Miran punya penyakit komplikasi pada jantungnya.

Dalam kelompok Jupri mengambil inisiatif untuk tetap mementaskan drama tersebut tanpa Miran di panggung.

“Mir… dapet salam dari temen-temen di sanggar. Mudah-mudahan elu cepet sembuh yeh. Nih ada tiket buat nonton kite mentas. Lu bisa tetep dukung kite dari bangku penonton deh yeh” Kata Jupri ketika menjenguk Miran di rumahnya sambil memberikan tiket.

“Emang udah ada pengganti saya, Bang Jupri?” tanya Miran.

“Udeh… lu gausah kuatir. Biar ini urusan gue dan temen-temen”

Sementara itu Parman panik juga memikirkan keadaan ayahnya itu. Rasa cuek Parman pun berubah. Dia lebih sering menanyakan kesehatan Ayahnya sekarang. Perubahan itu dirasakan juga oleh Miran dan Ibunya. Parman lebih fokus dalam belajar, dan dia sudah tidak memperdulikan lagi ejekan teman-temannya itu.

Sampai di hari pertunjukan tiba. Bangku-bangku mulai dipenuhi oleh para tamu undangan. Lampu kerlap-kerlip dipasang di tiap sudut arena. Jalan-jalan juga dipenuhi banyak pedagang dadakan. Sambutan yang luar biasa juga dipersiapkan untuk para pejabat yang datang, dari tingkat RT, RW, Lurah, Camat, Bupati dan Gubernur. Dari panggung munculah penari topeng sebagai tari penyambutan untuk para hadirin. Miran duduk dibangku tengah di temani istrinya. Badan Miran lemas, mukanya pucat, dan bibirnya putih, tapi dia masih jelas melihat ke arah panggung. Parman tidak ikut karena ingin mempersiapkan diri untuk ujian kenaikan kelas. Setelah penari itu selesai. Seorang MC keluar menyambut juga para hadirin. Miran semakin gemetar tidak sabar ingin melihat pertunjukan Jupri dan kawan-kawannya. Setelah itu munculah Jupri sebagai penampil pertama dengan lakon jenaka dia menggoda Mpok Rodiah sebagai tukang asinan dipinggiran kota Jakarta.

            “Akhir-akhir ini mpok makin semok aje, bodinye kenyal kayak beras ketan…” Jupri menggoda Mpok Rodiah. Penonton tertawa melihat kelucuan mereka.

            “Ah… Abang bisa aje. Oh iye bang itu di sana nyang nempatin bekas rumah Bang Jaki siape ye bang? Aye beloman kenal” tanya Asih sebagai pemeran Mpok Rodiah.

            “Oh itu sekarang yang nempatin itu namanye Mas Selamet, nah die itu yang katanye mau jadi juragan beras di mari. Maklum deh mau adu nasip di Jakarte”

            “Banyak juge yeh yang udah pada pindah dari daerah sini, malah minggir beli rumah yang jauhan. Si Sarbini pindah ke Curug, Wagiman pindah ke Cilegon, Mpok Jamilah pindah juga ke Karang Anyar. Banyak silih berganti di kampung kite ye, Bang?” cakap mpok Rodiah

            “Aaauuu dah Mpok, padahal idup di mane aje same aje. Nyang penting kite tau diri. Oh iye Mpok… ngomong ngomong Aye utang lagi yeh.. he he he”

            “Ah elah Bang-bang, gimane aye mau lancar usahanye kalo diutangin mulu… lama-lama aye juga nih yang pindah dagangnye dari mari.” Mpok Rodiah Sewot

            “Jangan Mpok nanti Ada Bagong Dateng ke Jakarta loh! Mpok” sahut Jupri

            “Bagong apaan? Siape die sih Bang? Kayaknye banyak banget orang sepanjang gang yang ngomongin bagong bakal dateng bagong bakal dateng, emang bagong itu siape sih?” tanya Mpok Rodiah.
            “Bagong ye bagong Mpok, entah itu wujudnye gimane aye kagak paham, tapi dalam ramalannye die bakalan dateng untuk bayarin semua hutang orang yang kesusahan yang ada di Jakarte” jawab Jupri dalam adegan sambil memakan asinan.

            “Masa sih, Bang? Wuah kalo beneran dateng kebetulan aye juga punye utang banyak di toko Laris Manis nya babah Liong. Berarti utang aye juge dibayarin dong, Bang?” tanya Mpok Rodiah dengan polosnya di dalam adegan.

            “jelas mpok… jelas itu. Makanye aye mau ngutang lagi nih sebungkus lagi buat dibawa pulang yeh? Hehe he he..”

            “Ah… Abang paling bisa banget. Yaudah gakpapa yang penting aye senang denger berita Bagong mau dateng bayarin utang…”

Miran senyum-senyum sendiri, sebagai mantan seniman dia tau betul bagaimana alur yang dirubah Bang Jupri ini. naskahnya di rubah demi keberlangsungan pementasan. Bagong digambarkan sebagai tokoh yang absurd yang tidak jelas asal-usulnya. Ya memang seharusnya Miran sendiri yang memerankan menjadi Bagong namun Bagong yang dibuat Miran adalah Bagong versi realis. Bagong yang dengan wujud kesusah-payahan datang dari desa ke Jakarta yang hanya punya motivasi ingin kaya raya hidup di Jakarta. Lalu membangun rumah di desa. Bagong buatan Miran adalah representasi kaum urban yang ada di Jakarta. Namun Miran sangat bangga dengan penggubahan naskahnya. Bagong buatan Jupri dibuat lebih absurd. Dia hanya sebuah tokoh rekaan yang dibuat-buat untuk memberi sugesti kebahagaiaan terhadap orang-orang susah di Jakarta, termasuk penduduk asli, orang Betawi, yang terpaksa pindah kepinggiran karena terlibat banyak hutang menurut dalam cerita yang dibuat Jupri. Tapi konflik menjadi lebih meruncing karena kehadiran Bagong yang ditunggu-tunggu dan diyakini akan datang untuk melunasi hutang-hutang orang Jakarta justru membuat orang-orang Jakarta jadi makin giat dan banyak berhutang. Akhirnya hutang semakin menumpuk, Bagong tak juga datang. Para deptkolektor mendatangi dan mengobrak-abrik rumah warga yang terlibat hutang. Mereka dipaksa keluar dari rumah, akhirnya pindah kepinggiran dan sebagian menjadi gelandangan di kampungnya sendiri, di Jakarta. Dan Miran baru tau kalau judulnya pun diganti oleh Jupri “BAGONG TAK JADI DATANG KE JAKARTA”

Seluruh penonton bertepuk tangan menyaksikan drama betawi yang spektakuler itu. Gubernur memberikan standing aplause akan kehebatan orang-orang yang ada di panggung maupun di balik panggung itu. Miran mengeluarkan airmata bahagianya. Dan itu adalah airmata terakhir Miran. Dua hari setelah pementasan Miran meninggal dunia.

Bang Jupri mendatangi rumah Miran. Dan hanya ada Mbak Siti istri miran dan anaknya, Parman.

            “Man… ini ada hadiah buat elu dari Bapak lu. Gue denger-denger elu dulu pernah minta HP sama dia waktu dia masih idup?” Parman hanya diam memandangi Bang Jupri dan Soleh.

            “Tapi, Man… Lu kudu sekolah lebih rajin lagi. Sekarang kan elu udah naik kelas lima. Bapak lu itu orang hebat dan jenius. Dia ngorbanin mimpinya demi keluarga. Demi elu dan Ibu elu.” Lanjut Bang Jupri. Parman terasa sedikit sedih. Dia menerima HP bekas dari Jupri dan Soleh. Lalu Jupri membantu menghidupkan HP yang ingin diberikan pada Parman. Di depan Jupri, Soleh dan Ibunya,  Parman melihat mesin pencari yang ada di layar HP yang canggih itu.

            “Andai saja HP canggih ini bisa untuk mendownload Ayah biar bisa hidup lagi. Parman cuma mau minta maaf sama ayah.”


Penulis adalah Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang.

1 comment:

michelle said...

Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q.ME
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-Q
~domino99
~poker
~bandar66
~sakong
~aduQ
~capsa susun
~perang baccarat (new game)
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217