Ini Sungguh keterlaluan, saya beberapa hari ini tidak menulis, untunglah ada cerpen kiriman dari seorang teman, Harun namanya, penjual buku, pembaca yang baik, mahasiswa, dan menulis novel. Sudah dua Novel ia tulis.
selamat membaca cerpennya --- jangan lupa ngopi dan selalu jaga kesehatan.
selamat membaca cerpennya --- jangan lupa ngopi dan selalu jaga kesehatan.
Kok
Ada Bagong di Jakarta?
Cerpen oleh : Harun Maulana
Cerpen oleh : Harun Maulana
Dua hari menjelang ujian. Parman dikejutkan dengan
keadaan ayahnya yang mulai memburuk. Ayahnya dipulangkan dari rumah sakit
karena banyak prediksi yang mengatakan bahwa Ayah Parman tidak akan selamat.
Ibunya pun mengusulkan kalau lebih baik dia dirawat di rumah saja.
Parman
yang dikenal sebagai anak yang malas pun hanya sedikit cemas melihat keadaan
itu. Terakhir Parman mengingat saat Ayahnya masih sehat bahwa Parman minta
dibelikan sebuah gawai yang canggih seperti teman-temannya. Ayahnya membanting
tulang tak karuan hanya untuk memenuhi keinginan anak satu-satunya itu. Ayahnya
sebagai penjual gas elpiji berkeliling dengan gerobak yang dipenuhi dengan
gas-gas untuk dijual di komplek DPR yang ada di jalan Permata Hijau. Kadang juga
Ayah Parman bekerja serabutan menjadi apa saja demi untuk kebutuhan hidup
keluarganya. Komplek DPR adalah satu-satunya komplek yang dikelilingi oleh
perkampungan warga dari kalangan rendah. Komplek DPR sering juga menjadi tempat
berkeliling para pedagang lainnya, di sanalah Ayah Parman sering mangkal
sehabis berkeliling.
“Bang, Soleh harga HP yang mirip
sama punya anak Bang Soleh itu harganya berapa sih?” tanya Miran
“Lumayan Mir, kemaren aye beli masing sejuta dua ratus. Lu mau beliin buat Parman?” jawab Soleh.
“Iya. Anak saya minta HP kaya
temen-temennya”
“Lu beliin aja yang bekas. Palingan
cuma tujuh ratusan di Roxy”
“Iya nanti deh kalau duitnya udah
ada” jawab Miran lesu.
“Ah, elu mah gue kira udah ada
duitnye, ha ha ha…”
“Ya… belom ada, he he he”
Saat
mereka asik mengobrol, Bu Latipah datang dengan dua gelas kopi untuk mereka
berdua.
“Nih kopinya. Monggo diminum,
mumpung masih hangat. Oiya, Mas Miran tadi si Jupri sekitar jam sebelasan ke
sini nanyain Mas Miran. Saya bilang aja belum dateng tapi nanti bentar lagi
juga paling ke sini.” Kata Bu Latipah
“Ada apa ya? Tumbenan si Jupri
nanyain saya…” tanya Miran bingung.
“Wuah… gue yakin tuh anak mau ngasih
lu proyek, Mir. Biasanya gitu tuh dia. Seniman banyak proyek” kata Soleh.
“Seriusan Bang Soleh? Wuah
mudah-mudahan beneran ya, lumayan buat nambahin beli handphone buat si Parman”
Miran berharap kalau Jupri beneran ingin memberikan proyek.
Mereka
melanjutkan obrolan mereka di siang hari itu. di komplek DPR anginnya semilir,
banyak pohon rindang yang sering dijadikan tempat istirahat di bawahnya oleh
para supir taxi. Komplek DPR tidak sepanas perkampungannya. Di perkampungannya
lebih terik lagi karena jarang ada pohon-pohon. Semua penuh kontrakan. Berbeda
dengan komplek tersebut yang dipenuhi pepohonan yang diurus oleh pasukan hijau
yang bekerja pada sektor tata kota. Sesekali iringan pengamen ondel-ondel
membuat riuh pemandangan di sini tapi sering juga diusir oleh sekuriti komplek
kalau kelihatan.
“Bener-bener udeh degradasi budaye” celetuk Bang Soleh
sambil menyeruput kopinya
“Sekate-kate lu kalo ngomong…” Jupri datang sambil
mengejutkan Bang Soleh dan Miran yang lagi asik ngobrol berduaan.
“Wueeeeeshhh… ini dia nih orangnya Mir. Pucuk dicinta
ulam pun tiba” kata Bang Soleh
“Kagak usah ngomongin budaye deh elu, Leh. Lu pikirin
ye kalo enggak ada tuh pengamen ondel-ondel, bocah-bocah mane ade yang ngerti
sama budaye ondel-ondel ini, Leh!” Jupri melanjutkan omongan Soleh yang
dianggap ngelantur.
“Jadi lu setuju, budaye kita jadi buat cari nafkah dan
dibiarin liar kayak gitu? Kayak gak ada yang ngerawat?” timpal Soleh.
“Aye sih setuju aje Bang Soleh. Sekarang gini aje deh.
Lu liat tuh anak-anak kampus yang matanya sipit-sipit di depan sono? Bukannye
gue rasis yeh, tapi mereka sebagai orang luar dari kampung kite juga kudu
diperkenalkan same budaye kite, kudu tau budaye lokal leluhur kite. Terus
bocah-bocah sekarang yang dinina-boboin sama handphone, ape mereka ngarti
sejarah tuh ondel-ondel? Dengan adanya pengamen ondel-ondel kan nanti mereka
bertanya-tanya, apa itu ondel-ondel, sejarahnya bagimane, ye kagak? Dan lu tau?
Gara-gara komentar elu Leh justru itu yang bikin ketimpangan sosial. Gak
sejalan sama tujuan kearifan lokal juge. Masih inget lu sama slogan Enjoy Jakarte? Orang-orang disuruh
dateng ke Jakarte dimanjain lewat iklan, setelah datang mereka cuma numpang
cari penghidupan, pendidikan, bahkan menguasai sebagian sektor ekonomi kite,
tapi nih ye giliran orang Jakarte asli yang cari penghidupan lewat ngamen
ondel-ondel malah dianggap meresahkan”
“Sudah-sudah… ini malah jadi ribut begini. Bang Jupri,
katanya tadi nyari saya? Ada apa toh?” sahut Miran mencoba melerai.
“Nah iya, dari pada ribut sama elu Leh, gak
kelar-kelar urusannya… huuuuuh” Jupri nyinyiri Soleh. “Jadi gini Mir, gue
denger-denger elu kan dulu pernah jadi anggota pemain Ketoprak? Kira-kira nih
ye, kalo elu gue ajak maen drama betawi same rombongan gue pas acara ulang
tahun Jakarte nanti, mau lu? Nanti bakal disaksiin sama Bupati dan Gubernur
juga katanye” tawar Jupri
“Yang bener, Bang Jupri? Duh tapi gimana ya. Sayakan
bukan orang betawi? Lagi juga sebetulnya udah lama saya nggak main ketoprakan
lagi semenjak lahir Si Parman.” Jawab Miran lemas.
“Ye elu, Mir. Lu kan nyari duit di Jakarte nih ye, di
dalam drama nanti kan ada tuh budaye-budaye betawi, jadi udeh kewajiban kite
juge buat menjaga budaye. Jangan cuma makan-berak di sini, sesekalilah perduli
sama budaye bangsa kite, gak perduli itu suku ape. Kita ini Indonesia jangan
amnesia. Soal peran mah gampang bisa diatur, pan masih beberapa bulan lagi tuh
pementasannye, nah elu ikut latian aja dulu sama kite-kite” bujuk Jupri.
“Kok, Bang Jupri sinis gitu sih? Yaudah biar aku
pikirin dulu ya” kata Miran
Sampai
di rumah Miran memikirkan perkataan Jupri. Dia terbayang lagi akan kenangan
masa lalunya saat menjadi pemain ketoprak yang tersohor, namanya dieluh-eluhkan
oleh banyak orang karena kepandaiannya bermain peran. Dan dipuji juga karena
kepandaiannya dalam membuat naskah oleh teman-teman kelompoknya dulu. Tapi ada
satu yang membuatnya gundah. Sebagai mantan seniman dia justru kembali merasa
dilema karena mengingat masalalunya itu. Dulu dia selalu pulang malam tapi
tidak pernah membawa uang untuk mencukupi kebutuhannya. Itulah alasannya dia
berhenti untuk bermain ketoprak, dia merasa bahwa seniman tidak bakal
dipelihara sama pemerintah. Tetapi setelah bujuk rayu Jupri jiwa senimannya
berbunga kembali.
“Gimana, Pak jualan hari ini?” tanya
istrinya membawakan teh.
“Ya alhamdulillah Bu, banyak yang
hutang.. he he he”
“Dihutangin kok bangga sih Pak…
Pak.” Sahut istrinya
“Loh masa negara aja yang boleh
hutang, rakyat juga boleh ngutang toh Bu apalagi ini buat keperluan dapur,
kasihan kalo gak dikasih toh, Bu. Ndak bisa makan keluarga mereka”
“Yauwis, Pak. sekarepmu wae. Jangan lupa habis mandi bantuin Ibu bungkusin
rempeyek untuk dijual yo, Pak”
Ke
esokan paginya Parman tidak mau bersekolah karena Parman malu selalu diejek
oleh teman-temannya karena belum juga dibelikan handphone. Teman-temannya
selalu mendapat nilai bagus karena bantuan mesin pencari di hanphone itu.
“Makanya beli hanpdhone supaya bisa nyontek di gugel kalau kamu gak ngerti” itulah ucapan teman-temannya yang
diingat Parman. Bapak dan Ibu Parman hanya bisa memperingatkan Parman untuk
sabar.
Sampailah
pada waktunya. Miran mendatangi sanggar di gedung kelurahan. Para pemain juga
banyak yang sudah siap untuk berlatih di sana. Ada gairah baru dalam hidup
Miran karena bakat lamanya muncul lagi dalam bermain peran. Hal itu pun
tercermin dari kelompoknya. Para teman-temannya senang dengan kehadiran Miran
yang ternyata pandai dalam mengolah karsa. Dia pun sering diminta untuk
menambahkan bagian-bagian dari adegan pertunjukan yang akan dimainkannya agar
lebih meriah. Lalu dia diminta untuk memberi judul dalam pementasan itu.
“Bagaimana kalau kita beri judul
dalam lenong ini Kok Ada Bagong di
Jakarta?” usul Miran pada teman-temannya. Sejenak teman sekelompoknya
saling berpandangan.
“Maksudmu bagaimana, Mir?” tanya
Mamat kelompoknya
“Begini, aku kan tidak dapat menghilangkan
logat Jawaku ini. Aku juga tidak bisa berbahasa Betawi dengan fasih, bagaimana
kalau aku menawarkan peran baru dalam pertunjukan ini? Yaitu aku menjadi
Bagong. Ya Bagong seperti dipementasan wayang? Tapi aku berjanji tidak akan
merusak unsur-unsur betawi itu sendiri di dalam pementasan nanti. Aku hanya
menyisipkan bagian mana aku masuk. Lagi juga kita tau di Jakarta ini banyak para
transmigran, terutama dari Jawa, ya kan? Mungkin di kepala para transmigran
sama seperti isi kepalaku dulu tentang Jakarta yang dapat merubah nasibnya
menjadi lebih baik. Bermimpi-mimpi bisa kaya kalau cari uang di Jakarta tetapi
mereka lupa atau tidak mengenali sama sekali budaya-budaya Jakarta yang unik
dan luar biasa itu, mereka tak mengenali tuan rumahnya sendiri. Anggap saja ini
sebagai kritik pada diriku sendiri. Bukan maksud saya untuk mengatakan orang
Jawa tidak perduli terhadap budaya Jakarta. Tetapi mungkin mereka juga perlu
mengenal lewat pesan yang berada dalam pementasan dengan judul Kok Ada Bagong
di Jakarta? Lagi juga aku hanya ingin dalam berkesenian itu tidak ada batasan
antara Jawa atau Betawi, atau Batak, Atau lain-lain. Kita Indonesia yang kaya
akan perpaduan. Bagaimana?”
Akhirnya
dengan alasan itu teman-temannya menyetujui idenya Miran. Semua kembali latihan
dengan sungguh-sugguh. Naskah di ketik ulang menurut ide baru dari Miran semua
tokoh disiapkan sesuai bagian-bagiannya masing-masing. Jupri sebagai ketua
rombongan semakin giat mengingatkan rombongannya untuk berlatih dengan serius.
Beberapa hari saat ingin tampil pun
diadakan latihan lebih intens. Namun kali ini berbeda dari sebelumnya. Miran
tidak datang. Akhirnya mereka berlatih tanpa Miran. Tetapi bagian yang
seharusnya diisi oleh Miran menjadi kosong. Setelah itu Jupri baru tau kalau
Miran sedang sakit keras. Jupri mendapat kabar dari Soleh. Katanya Miran sedang
di rawat di Rumah Sakit Tarakan. Soleh juga tidak tau apa sakitnya. Akhirnya
Jupri dan Soleh mengunjungi Miran di rumah sakit itu. Baru setelah mengunjungi
Miran mereka tau kalau Miran punya penyakit komplikasi pada jantungnya.
Dalam kelompok Jupri mengambil inisiatif untuk tetap
mementaskan drama tersebut tanpa Miran di panggung.
“Mir… dapet salam dari temen-temen di sanggar.
Mudah-mudahan elu cepet sembuh yeh. Nih ada tiket buat nonton kite mentas. Lu
bisa tetep dukung kite dari bangku penonton deh yeh” Kata Jupri ketika
menjenguk Miran di rumahnya sambil memberikan tiket.
“Emang udah ada pengganti saya, Bang Jupri?” tanya
Miran.
“Udeh… lu gausah kuatir. Biar ini urusan gue dan
temen-temen”
Sementara
itu Parman panik juga memikirkan keadaan ayahnya itu. Rasa cuek Parman pun
berubah. Dia lebih sering menanyakan kesehatan Ayahnya sekarang. Perubahan itu
dirasakan juga oleh Miran dan Ibunya. Parman lebih fokus dalam belajar, dan dia
sudah tidak memperdulikan lagi ejekan teman-temannya itu.
Sampai
di hari pertunjukan tiba. Bangku-bangku mulai dipenuhi oleh para tamu undangan.
Lampu kerlap-kerlip dipasang di tiap sudut arena. Jalan-jalan juga dipenuhi
banyak pedagang dadakan. Sambutan yang luar biasa juga dipersiapkan untuk para
pejabat yang datang, dari tingkat RT, RW, Lurah, Camat, Bupati dan Gubernur.
Dari panggung munculah penari topeng sebagai tari penyambutan untuk para
hadirin. Miran duduk dibangku tengah di temani istrinya. Badan Miran lemas,
mukanya pucat, dan bibirnya putih, tapi dia masih jelas melihat ke arah
panggung. Parman tidak ikut karena ingin mempersiapkan diri untuk ujian
kenaikan kelas. Setelah penari itu selesai. Seorang MC keluar menyambut juga
para hadirin. Miran semakin gemetar tidak sabar ingin melihat pertunjukan Jupri
dan kawan-kawannya. Setelah itu munculah Jupri sebagai penampil pertama dengan
lakon jenaka dia menggoda Mpok Rodiah sebagai tukang asinan dipinggiran kota
Jakarta.
“Akhir-akhir ini mpok makin semok
aje, bodinye kenyal kayak beras ketan…” Jupri menggoda Mpok Rodiah. Penonton
tertawa melihat kelucuan mereka.
“Ah… Abang bisa aje. Oh iye bang itu
di sana nyang nempatin bekas rumah Bang Jaki siape ye bang? Aye beloman kenal”
tanya Asih sebagai pemeran Mpok Rodiah.
“Oh itu sekarang yang nempatin itu
namanye Mas Selamet, nah die itu yang katanye mau jadi juragan beras di mari.
Maklum deh mau adu nasip di Jakarte”
“Banyak juge yeh yang udah pada
pindah dari daerah sini, malah minggir beli rumah yang jauhan. Si Sarbini
pindah ke Curug, Wagiman pindah ke Cilegon, Mpok Jamilah pindah juga ke Karang
Anyar. Banyak silih berganti di kampung kite ye, Bang?” cakap mpok Rodiah
“Aaauuu dah Mpok, padahal idup di
mane aje same aje. Nyang penting kite tau diri. Oh iye Mpok… ngomong ngomong
Aye utang lagi yeh.. he he he”
“Ah elah Bang-bang, gimane aye mau
lancar usahanye kalo diutangin mulu… lama-lama aye juga nih yang pindah
dagangnye dari mari.” Mpok Rodiah Sewot
“Jangan Mpok nanti Ada Bagong Dateng
ke Jakarta loh! Mpok” sahut Jupri
“Bagong apaan? Siape die sih Bang?
Kayaknye banyak banget orang sepanjang gang yang ngomongin bagong bakal dateng
bagong bakal dateng, emang bagong itu siape sih?” tanya Mpok Rodiah.
“Bagong ye bagong Mpok, entah itu
wujudnye gimane aye kagak paham, tapi dalam ramalannye die bakalan dateng untuk
bayarin semua hutang orang yang kesusahan yang ada di Jakarte” jawab Jupri
dalam adegan sambil memakan asinan.
“Masa sih, Bang? Wuah kalo beneran
dateng kebetulan aye juga punye utang banyak di toko Laris Manis nya babah
Liong. Berarti utang aye juge dibayarin dong, Bang?” tanya Mpok Rodiah dengan
polosnya di dalam adegan.
“jelas mpok… jelas itu. Makanye aye
mau ngutang lagi nih sebungkus lagi buat dibawa pulang yeh? Hehe he he..”
“Ah… Abang paling bisa banget.
Yaudah gakpapa yang penting aye senang denger berita Bagong mau dateng bayarin
utang…”
Miran
senyum-senyum sendiri, sebagai mantan seniman dia tau betul bagaimana alur yang
dirubah Bang Jupri ini. naskahnya di rubah demi keberlangsungan pementasan.
Bagong digambarkan sebagai tokoh yang absurd yang tidak jelas asal-usulnya. Ya
memang seharusnya Miran sendiri yang memerankan menjadi Bagong namun Bagong
yang dibuat Miran adalah Bagong versi realis. Bagong yang dengan wujud kesusah-payahan
datang dari desa ke Jakarta yang hanya punya motivasi ingin kaya raya hidup di
Jakarta. Lalu membangun rumah di desa. Bagong buatan Miran adalah representasi
kaum urban yang ada di Jakarta. Namun Miran sangat bangga dengan penggubahan
naskahnya. Bagong buatan Jupri dibuat lebih absurd. Dia hanya sebuah tokoh
rekaan yang dibuat-buat untuk memberi sugesti kebahagaiaan terhadap orang-orang
susah di Jakarta, termasuk penduduk asli, orang Betawi, yang terpaksa pindah
kepinggiran karena terlibat banyak hutang menurut dalam cerita yang dibuat
Jupri. Tapi konflik menjadi lebih meruncing karena kehadiran Bagong yang
ditunggu-tunggu dan diyakini akan datang untuk melunasi hutang-hutang orang
Jakarta justru membuat orang-orang Jakarta jadi makin giat dan banyak
berhutang. Akhirnya hutang semakin menumpuk, Bagong tak juga datang. Para
deptkolektor mendatangi dan mengobrak-abrik rumah warga yang terlibat hutang.
Mereka dipaksa keluar dari rumah, akhirnya pindah kepinggiran dan sebagian
menjadi gelandangan di kampungnya sendiri, di Jakarta. Dan Miran baru tau kalau
judulnya pun diganti oleh Jupri “BAGONG TAK JADI DATANG KE JAKARTA”
Seluruh
penonton bertepuk tangan menyaksikan drama betawi yang spektakuler itu.
Gubernur memberikan standing aplause
akan kehebatan orang-orang yang ada di panggung maupun di balik panggung itu.
Miran mengeluarkan airmata bahagianya. Dan itu adalah airmata terakhir Miran.
Dua hari setelah pementasan Miran meninggal dunia.
Bang
Jupri mendatangi rumah Miran. Dan hanya ada Mbak Siti istri miran dan anaknya,
Parman.
“Man… ini ada hadiah buat elu dari Bapak
lu. Gue denger-denger elu dulu pernah minta HP sama dia waktu dia masih idup?”
Parman hanya diam memandangi Bang Jupri dan Soleh.
“Tapi, Man… Lu kudu sekolah lebih
rajin lagi. Sekarang kan elu udah naik kelas lima. Bapak lu itu orang hebat dan
jenius. Dia ngorbanin mimpinya demi keluarga. Demi elu dan Ibu elu.” Lanjut
Bang Jupri. Parman terasa sedikit sedih. Dia menerima HP bekas dari Jupri dan
Soleh. Lalu Jupri membantu menghidupkan HP yang ingin diberikan pada Parman. Di
depan Jupri, Soleh dan Ibunya, Parman
melihat mesin pencari yang ada di layar HP yang canggih itu.
“Andai saja HP canggih ini bisa
untuk mendownload Ayah biar bisa hidup lagi. Parman cuma mau minta maaf sama
ayah.”
…
Penulis adalah Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang.
1 comment:
Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
mampir di website ternama I O N Q Q.ME
paling diminati di Indonesia,
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
~bandar poker
~bandar-Q
~domino99
~poker
~bandar66
~sakong
~aduQ
~capsa susun
~perang baccarat (new game)
segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
Whatshapp : +85515373217
Post a Comment