Monday, April 6, 2020

SEJARAH FILM


SALAM!
AKU CINTA PADAMU
 
Foto ini hanya pemanis saja (kopri)
Pembaca yang Budiman. Semoga kita selalu sehat, selalu sehat dan selalu sehat. Semoga saudara-saudara kita yang sedang sakit, baik sakit biasa atau terdampak #covid19 segera dipulihkan kembali dan bisa berkumpul dengan kita semua, ngopi bareng lagi, main bareng lagi dan Bahagia bareng lagi. Jangan lupa, siapkan cemilan untuk menemani membaca, kopi, susu, the, kacang atau yang lainnya yang bisa menghilangkan mual akibat membaca tulisan ini. Selamat membaca.

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya mengenai Film dan perfilman, pada tulisan kali ini saya akan mengajak anda berjalan-jalan pada masa lalu untuk membahas Sejarah Film. Haaaaah sejarah??? Itu kan hal yang membosankan dan menjenuhkan!!! YAP. Betul sekali. Membaca sejarah dan membahas sejarah adalah hal yang berat dan jenuh.


Nah, oleh karena itu, di tulisan ini, saya tidak akan menulis sejarah Film atau membahas sejarah. Tapi, saya akan menyajikan beberapa literatur yang mudah diakses yang isinya membahas sejarah Film. Hahahha…

1.   Silahkan berkunjung ke sini https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Film Pada situs ini sebetulnya lengkap sekali. Tidak hanya soal film tapia da banyak yang bisa kita temukan dan kita cari di sana. Sumber ini bisa dipercaya, karena kontributornya atau para penulis pada web tersebut banyak yang mendermakan pengetahuan dengan serius. Tidak asal menulis seperti saya wkkk….

2.   Jika memungkinkan membaca dalam Bahasa inggris di sini https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_film sedikit lebih lengkap dari yang pertama. Tapi ya--- itu tadi, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dengan Bahasa Inggris, jadi PE-ER baru untuk membacaya.
3.   Mungkin ini bisa jadi alternatife http://csinema.com/sejarah-singkat-lahirnya-film/ pada situs Csinema ini, cara membahas dan penyajiannya lumayan enak dan ringan. Mudah dimengerti dan dipahami oleh siapa saja yang ingin menambah wawasan mengenai dunia perfilm.

4.   Berikutnya, jika yang ingi memiliki buku atau bisa dibaca kapan saja tapa harus mengakses initernet, dan juga bisa dibawa kemana saja dengan mudah, web penyedia buku elektronik bisa jadi pilihan, misalnya ini pdfdrive.com atau ini salah satu yang sudah saya pilihkan https://www.pdfdrive.com/cameras-into-the-wild-a-history-of-early-wildlife-and-expedition-filmmaking-1895-1928-e162521570.html - https://www.pdfdrive.com/film-indonesi-d44794985.html - bisa jadi sumber bacaan yang mengasyikan dalam mepelajari sejarah film khususnya.

5.   Pada situs yang terkakhir saya sajikan, literatur yang tersedia tidak hanya dalam Bahasa inggris, tapi juga tersedia dalam Bahasa Indonesia bahkan Bahasa-bahasa yang lainnya. Jika masih kurang, anda juga bisa berkunjung ke sini archive.org. web ini mirip dengan web terakhir, banyak buku elektronik, bahkan tak hanya buku yang ada di situ, tapi juga ada bantuk-bentuk lainnya, misalnya video, gambar dan juga audio. Pada web archive.org, tidak hanya bisa diambil (unduh/download) tapi menyediakan juga jasa peminjaman material, buku misalya, untuk sekedar pinjam baca dengan durasi 14 hari. Setelah 14 hari, material yang sedang kita pinjam akan hangus. Gratis dan praktis.

Nah, rese sekali kan tulisan ini. Hahahaha ---- maaf, karena menuliskan hal yang sama dengan banyak tulisan yang lainnya ternyata membosankan juga dan pada akhirnya mulai menuntun kita pada kecurangan.

Jadi mohon maaf, pada tulisan kali ini, khususnya pembahasan mengenai sejarah film, saya hanya menyajikan sumber-sumber yang bisa diakses dengan mudah, terpercaya, dan praktis.

Sampai jumpa pada tulisan berikutnya. Sehat selalu, jangan lupa ngopi, jangan lupa Bahagia.

SALAM!
AKU CINTA PADAMU.

No comments: