Tuesday, May 7, 2019

Memperpanjang Usia



...kemudian saya punya dugaan, ketika pembaca yang budiman datang kehalaman ini sebagian berbekal pikiran, di sini akan ada semacam tips atau formula untuk memperpanjang usia...


Yaaaaaaaaaaa....
saya ucapkan selamat datang. Atas kehadiran anda semua di sini, usia saya sudah bertambah satu hari. Lah...kok bisa, tenang, usia pembaca juga sudah bertambah karena sudah saya doakan.

Jadi begini, kenapa saya tiba-tiba kepikiran memperpanjang usia, bayangkan, orang seperti Chairil Anwar saja, dalam puisinya pernah bilang 


"aku ingin hidup seribu tahun lagi". 

Chairil Anwar
sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Chairil_Anwar#/media/File:Chairil_Anwar_cigarette.jpg

Dengan kata lain, ia sedang berharap berusia panjang, dan kenyataanya? kini ia memang berusia panjang. Meski jasadnya sudah tak ada, tetapi ia masih dibicarakan, ia masih diingat, ia juga masih dicari.

Selain Chairil, saya juga menemukan ungkapan yang lain yang diungkapkan salah satu tokoh dalam serial One Piece karya Eichiro Oda, melalui dr. Hiruluk, 



dr. Hiriluk
sumber : https://onepiece.fandom.com/wiki/Hiriluk


“Kapan seseorang akan mati??.. Saat dia terkena tembakan?? Bukan!!.. Saat dia terkena penyakit mematikan?? Bukan!!,.. Saat dia meminum sup dari jamur beracun? Juga Bukan!!! Seseorang akan mati apabila dia telah dilupakan..”

artinya, selama seseorang itu masih diingat, itu berarti usianya masih panjang...emang begitu...iya saja biar cepat.

lalu, apa tipsya....tunggu dulu, saya masih punya ungkapan lain....Kata Tan Malaka "Ingatlah bahwa dari dalam kubur suara saya akan lebih keras dari pada di atas bumi."
TAN MALAKA
Sumber: http://intim.news/2017/07/tan-malaka-bapak-republik-indonesia-yang-dilupakan/


haaa....berarti kita harus mati dulu? ya enggak...berbuat dulu yang banyak seperti yang dilakukan Tan Malaka, mati kemudian...barulah suaramu akan lebih lebih keras didengar orang...dengan begitu, berarti masih diingat, masih dicari, masih dibicarakan...panjang usia juga...

mana tipsnya...mana tipsnya...

nih, ini dia tips yang ingin saya bagikan...satu saja...yakni apa yang dilakukan oleh PRAMoedya Ananta Toer...

haaa....menjadi anggota Lekra? bukaaaannnn
menulis Bumi Manusia?? bukaaannn 



Pramoedya Ananta Toer
sumber : merdeka.com


“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” 

begitulah kata Pram. Menulis

Maka, Menulislah agar panjang usia, maka berkaryalah agar diingat orang-orang, maka berbuatlah agar tidak dilupakan...dengan begitu, kita akan hidup seribu tahun lagi seperti kata Chairil.

.....ngopi dulu aja biar gak spaneng....bye...hahahahha


No comments: