Friday, May 14, 2010

Ini Bukan Lagu Cinta


Ini Bukan Lagu Cinta
________________________________(Zaky Mubarok)


Musik, bukan hanya pada saya, tetapi juga pada anda, memberi efek yang sangat kuat terhadap ingatan. Bentuk gubahannya atau liriknya ternyata bisa menyimpan peristiwa yang sangat panjang melalui memori ingatan kita. Musik kemudian menjadi jembatan antara peristiwa yang pernah kita lalui untuk diingat, dan mengingatkan kembali. Pada anda dan saya, mungkin musik ada yang menjadi ungkapan perasaan, gambaran peristiwa, potret sebuah fragmen, penenang kegelisahan, atau menimbulkan perasaan cinta, benci, kerinduan yang amat sangat ketika musik terdengar. Seolah semua yang telah terlewati terulang lagi. Terulang begitu saja. Tidak hanya waktu, ruang, tapi terkadang semua peristiwa seolah terkecap panca indra kembali.
Satu hari, satu minggu, satu bulan, satu tahun, berapa lagu yang kita dengar ? berapa lagu yang baru kita kenal ? saya kira banyak. Tapi hanya beberapa lagu yang memotret kejadian-kejadian dalam hidup kita dengan sempurna.
Pernah mendengar Corazon de Santiago-nya Marty Friedman? Tahun 2005, lagu ini pernah melatari saya ketika mendekati perempuan. Saat itu sedang musim freetalk dari sebuah provider seluler di negri ini. Sambil melakukan persuasi, lagu ini sering saya putar dan menjadi latar. Sampai akhirnya ketika lagu ini terdengar lagi, nyaris semua kejadian saat itu seperti terulang. Sering membuat saya merasa bodoh, lucu, menyedihkan. Coba bayangkan, pada saat seharusnya kita istirahat…dengan susah payah menahan kantuk, hanya karena ingin ngobrol dengan wanita, aku relakan begadang…ngobrol lewat telepon gratisan yang hanya disediakan tengah malam sampai pagi. Padahal, siang harinya bisa ketemu dan ngobrol dengan si wanita. Karena kelelahan dan ngantuk, hilanglah kesempatan bertemu, melakukan persuasi secara langsung, dan tidak berkegiatan di siang hari. Tolol. Korban iklan, tetapi yang jelas itu kenangan yang terpotret oleh musik melalui memori ingatan.
Lagu itu mengingatkan saya bukan pada perempuannya. Bukan pula pada akhir cerita saya dengan perempuan itu yang diabadikan oleh lagu “Ipang – Ada yang Hilang”, tetapi mengingatkan saya saat itu menjadi korban dari sebuah strategi pemasaran. Menjadi konsumen bodoh, hanya melihat daya maanfaat yang sebetulnya tidak banyak. Hanya karena gratis kepada sesama, merelakan tidak tidur, dan tidak memikirkan kesehatan juga stamina tubuh untuk melanjutkan kehidupan esok harinya. Parah…!!! Saya pikir, mereka sang pemasar juga punya tujuan seperti yang saya duga yaitu menginginkan semua warga Negara ini memakai barang mereka, kemudia semua tertidur di kala siang hari karena kelelahan begadang di malam harinya. Nantinya, semua kebutuhan orang-orang ini (konsumen) akan disediakan oleh suatu perusahaan yang pelayanannya melalui media elektronik. Mereka hendak menjadikan saya manusia konsumtif pasif.
Sedih memang, ketika kesadaran ini terbangun. Ketika tersadar bahwa aku kehilangan si wanita hanya karena aku sadar, bahwa tak baik berlama-lama nelpon di malam hari. Bermalam-malam, sampai lupa kesehatan sendri. Padahal kesempatan bertemu ada, sekalipun tak bisa berbicara sepanjang yang sering dilakukan di malam hari melalui telepon gratis yang kemudian berubah hanya menjadi murah saja. Alasanya klasik, dia bilang kurang perhatian. Aku membatasi menelpon malam hari dengan alasan menjaga kesehatan, dia bilang kurang perhatian. Padahal untuk kebaikan bersama. Parah…!!! Come on…sadar dong…!!! Kita sedang diserang. Kita sedang diarahkan menjadi manusia dengan daya konsumsi yang tinggi dengan tawaran pertama manfaat-manfaat yang tidaklah banyak. Malahan, manfaat itu akan menjadi malapetaka yang besar di depan kita, nanti.
Santiago de Corazon, memotret sebuah kenangan yang lucu. Tiga bulan sebagai pengguna jasa telepon gratis malam hari. Dapat perempuan dan menjadi pacar dua minggu. Masuk klinik. Sakit selama beberapa hari dan nyaris saja kena tifus. Parah. Saya merasa sangat payah saat itu. Cinta, memang tak punya mata. Membutakan apa saja, kapan saja, di mana saja. Apapun demi cinta akan dilakukan. Akh…kalau dikaitkan ke sana rumit. Semuanya akan menjadi salah. Semuanya akan menjadi benar. ada poin penting yang bisa saya ambil, saya sadar sedang diserang sebuah virus. Virus budaya konsumtif, hanya karena melihat manfaat menggiurkan padahal selanjutnya sangat mebahayakan.
2010,
Ciputat

Thursday, May 6, 2010

J A M U R E S I #1

J A M U R E S I  #1
“Mencari Asal Usul”

(oleh: zaky mubarok)

Bagian I



Mempelajari dan mencari akar sesuatu bukanlah hal yang mudah, terlebih membuka sejarah yang sudah terlampau panjang. Banyak perangkat yang harus terlibat. Tidak hanya sejarawan dan budayawan, tetapi juga arkeolog, sosiolog dan ahli geologi berperan penting dalam membongkar sejarah yang panjang. Tulisan ini belum berdasarkan data hasil riset yang valid dari para ahli tersebut. Melainkan hanya dari penuturan secara turun temurun para ahli waris dan penduduk setempat [ Saya, Ayah, Ibu, Nenek, Buyut dana beberapa sesepuh kampung Jamuresi ] jadi, dapat dikatakan bahwa apa yang akan dipaparkan di sini adalah paparan sejarah yang bersifat oral naratif bukannya analitik yang menggunakan pendekatan arkeologis, sosiologis dan geologis, dengan harapan semoga tulisan ini di kemudian hari bisa menjadi bahan pemicu untuk mempelajari dan membongkar sejarah kebudayaan telah terlampaui.

Jamuresi. “Kampung tua yang terlupakan”. Saya beri nama sedemikian rupa dengan dugaan awal bahwa kampong ini memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi pengembangan dan penyebaran Islam di Ciamis utara. Acuan sementara yang saya pakai adalah cerita turun temurun yang terjadi di keluarga saya sendiri dan di beberapa warga kampung Jamuresi. Tulisan ini akan saya mulai dengan mecari dan membuka asal usul nama kampung Jamuresi. Kenapa kampung ini bernama dan diberi nama Jamuresi.

Ada empat versi berbeda tentang pemberian nama pada kampung Jamuresi. Pertama, nama kampung Jamuresi ini diambil dari hasil pemendekan kata “Jambu réa di sisi” [ banyak Jambu di pinggiran kampung ] menjadi “Jambu-re-si” yang sekarang lebih populer dan resmi di pemerintahan dengan nama “Jamuresi” [ Peralihan dari kata Jamburesi menjadi Jamuresi akan dibahas secara terpisah menurut kacamata bahasa ]. Konon jaman dahulu menurut cerita nenek moyang, di kampung ini, di pinggir-pinggirnya banyak sekali pohon jambu. Dari situlah kampung ini diberi nama Jamuresi. Bukti yang sampai sekarang masih ada adalah batas kampong sebagian selatan yang merupakan lereng bernama “Hulu Cijambu” dan beberapa nama ke-RT-an yang menggunakan nama buah-buahan seperti, Cikadu [kadu = durian], Cipeuteuy [peuteuy = petay] dan lain-lain.

Kedua, pemberian nama kepada kampung ini diambil dari peristiswa longsor besar yang terjadi kira-kira tahun 1800-an yang mengakibatkan banyak korban jiwa dan bedol desa. Sebahagian warga kampung mengungsi ke beberapa tempat seperti ke Cipelah Desa Kawunglarang Kecamatan Rancah, dan membuat pemukiman baru di sana. Pada saat longsor ini terjadi, dari lereng bukit yang sekarang bernama Hulu Cijambu, menggelinding batu yang besar-besar. Salah satu yang batu yang paling besar dihentikan oleh seorang resi di tengah-tengah kampung, karena kalau terus dibiarkan menggelinding ke sungai dianggap akan menutup jalanya aliran air dan menimbulkan banjir yang sangat besar. Batu yang paling besar itu bentuknya mirip dengan buah jambu air. Dari sanalah kemungkinan warga menyebut kampung ini dengan kampung yang ada “Jambu-resinya”, yang kemudian beralih menjadi Jamburesi saja. Kemudian, karena batu yang berada di tengah-tengah kampung ini ukurannya sangat besar, kira-kira berdiameter 10 meter, diberilah nama “Batu Karut”. Kata [Karut] diambil dari bahasa arab “ الكرّة” [al-kurratun – segala benda yang berbentuk bulat], atau dari kata “
القارة ” [al- qāratun – anak bukit]. Sedikit berbau mitos memang, namun begitulah adanya.

Ketiga, pengambilan nama kampung ini diambil dari bahasa arab, “
جاء المراثي ” [jā’a al-marāśiy – tertimpa kesedihan] atau “ جاءالمرشوش ” [jā’a al-marsyūsyun – tertimpa tanah longsor]. Dua dugaan pengambilan nama dari “ جاء المراثي ” dan “ جاء المرشوش ” menandakan bahwa pemberian nama kepada kampung ini diduga setelah terjadinya longsor yang besar. Dua opsi ini memperkuat versi kedua, nama Jamuresi ada setelah longsor, juga mengindikasikan islam sudah masuk di kampung ini dengan adannya nama Batu Karut.

Keempat, dugaan penaamaan yang juga memiliki alasan yang cukup kuat. Nama kampung Jamuresi diambil dari ungkapan bahasa arab “ جاء إلى المراس ” [jā’a ilā al-marāsin - tiba di tempat persinggahan], diduga diberikan oleh seorang pengembara [ Di kampung saya dikenal dengan nama “Ketib Soleh”. Ketib soleh dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jamuresi. Menurut cerita, ia terdapar di Sungai Cijolang Jamuresi. Sampai sekarang nama asli dan dari mana ia berasal masih belum jelas. Nama Ketib soleh sendiri adalah sebutan dari warga, karena pada saat itu ia pernah menjadi petugas pencatat pernikahan dan dikenal sebagi orang yang shalih ] yang kemudian diduga sebagai penyebar agama Islam di wilayah Ciamis Utara.

Dari keempat versi diatas, ternyata ada hal-hal terkait yang kemudian akan bisa ditarik kesimpulan sementara. Versi kedua terkait dengan versi pertama perihal kemiripan nama yang dipakai saja, yaitu Jamburesi. Namun cara pengambilan yang berbeda. Tapi nama Jamburesi sendiri pernah digunakan oleh warga. Versi ketiga terkait dengan versi kedua. Keduanya diduga bahwa pengambilan nama Jamuresi diambil setelah longsor dan nyaris saling menguatkan. Versi keempat terkait dengan versi pertama. Meskipun kaitannya sangat jauh, tetapi memberi idikasi pemberian nama kampung Jamuresi diduga sebelum longsor terjadi. Sekalipun dengan cara pengambilan yang berbeda namun ada kaitan waktu. Versi keempat juga terkait pada versi ketiga, yaitu, pengambilan nama kampung Jamuresi sama-sama diambil dari bahasa arab. Keterkaitan versi keempat dengan ketiga memberikan petujuk lain, bahwa Islam sudah ada di Jamuresi ketika longsor terjadi. Juga diperkuat dengan adanya nama salah satu blok RT “Salem” yang juga diambil dari bahasa arab “ سلاما ” [salāman – selamat] karena blok ini selamat dari longsor.

Sementara, sebagai sebuah kesimpulan awal, nama kampung Jamuresi diambil dari kata “Jambu réa di sisi”. Penguatnya adalah nama-nama blok RT yang juga banyak menggunakan nama buah-buahan dan tumbuhan. Cikadu [kadu = durian], Cipeuteuy-Pasir Peuteuy [peuteuy = petai], Cikembang-Pasir Kembang [kembang = bunga], Cikupa [kupa = buah gowok], Peundeuy [peundeuy = sejenis petai], Cikonéng [konéng = kunyit]. Juga diperkuat dengan adanya kehidupan di kampung ini yang jauh lebih tua sebelum kedangan Ketib Soleh meskipun belum diketahui dahulu bernama apa, sebab keterangan tertulis mengenai kampung ini masih dalam pencarian. Ada beberapa tulisan Ketib Soleh yang bisa dijadikan acuan, namun keberadaannya masih dalam pencarian sebab diselamatkan oleh para muridnya saat longsor dan beberapa peninggalan yang masih sedang dibaca. Juga dengan keberadaannya batu tulis yang berada di kampung Citapen Landeuh.

Wednesday, November 25, 2009

Road Show "BIB BOB" Bengkel Teater Rendra

Pertujukan BIB BOB di Toko You Bandung
8 November 2009


lihat lebih banyak lagi


Pertunjukan BIB BOB di UIN Jakarta
12 November 2009




Pertunjukan BIB BOB di SMAN 1 Majalengka
16 November 2009



lihat lebih banyak lagi



Pertunjukan BIB BOB di Jatiwangi Art Factory (JAF)
17 November 2009


Ini adalah beberapa photo yang sempat diupload di sela-sela break road show. Road show ini sebetulnya sudah terencana sejak setahun yang lalu ketika almarhum Rendra masih bersama kami. Pentas pertama tahun lalu dimulai di SMU N 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur dengan mempertunjukan opening dari drama "selamatan cucu sulaiman". Namun proses ini terhenti sejak almarhum Rendra mulai sakit dan akhirnya meninggalkan kami untuk waktu yang sangat panjang. Kemudian, karena road show ini amanat, -pada waktu itu Rendra sudah menjajikan ke beberapa kota untuk didatangi dengan pertunjukan-, maka kami lanjutkan kembali proses ini.

Alhamdulillah. Sejak tanggal 6 November lalu sebagai pentas pertama di Newseum Cafe, kami sudah melakukan tujuh kali pertunjukan yaitu: Toko You Bandung, 8 November 2009; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 12 November 2009; SMA N 1 Majalengka, 16 November 2009; Jatiwangi Art Factory, 17 November 2009; Pesantren Kebon Jambu Al-Islamiah Babakan Ciwaringin Cirebon, 18 November 2009; SMK N 3 Pekalongan, 21 November 2009; dan UNNES Semarang, 22 November 2009.

Road show ini masih akan berlanjut sampai dengan pertengahan Februari tahun depan. Jadwal pertunjukan yang paling dekat adalah di Taman Ismail Marjuki tanggal 27 bulan ini. Selanjutnya kami akan mulai kembali road show ini dari Lampung mulai tanggal 1 Desember 2009, kemudian ke kota-kota lainya seperti: Jember, Surabaya, Tegal, Semarang, Pati, Kajen dan lain-lain.